Peristiwa ghadir khum menjadi hujah
utama syiah menetapkan perlantikan Rasulullah sallahu a’alaihi wassalam kepada
Ali r.a
Pelbagai web sunni telah menjawab
isu ini. Dalam tulisan ringkas ini, sekadar ingin menambah satu riwayat yang
berlaku selepas ghadir khum
Berikut adalah riwayat yang dimaksudkan
حدثني
إسحاق، أخبرنا بشر بن شعيب بن أبي حمزة، قال: حدثني أبي، عن الزهري، قال: أخبرني عبد
الله بن كعب بن مالك الأنصاري، وكان كعب بن مالك أحد الثلاثة الذين تيب عليهم أن عبد
الله بن عباس، أخبره أن علي بن أبي طالب رضي الله عنه، خرج من عند رسول الله صلى الله
عليه وسلم في وجعه الذي توفي فيه، فقال الناس: يا أبا حسن، " كيف أصبح رسول الله
صلى الله عليه وسلم؟، فقال: أصبح بحمد الله بارئا "، فأخذ بيده عباس بن عبد المطلب
فقال له: أنت والله بعد ثلاث عبد العصا، وإني والله لأرى رسول الله صلى الله عليه وسلم
سوف يتوفى من وجعه هذا، إني لأعرف وجوه بني عبد المطلب عند الموت، اذهب بنا إلى رسول
الله صلى الله عليه وسلم فلنسأله فيمن هذا الأمر، إن كان فينا علمنا ذلك، وإن كان في
غيرنا علمناه، فأوصى بنا، فقال علي: إنا والله لئن سألناها رسول الله صلى الله عليه
وسلم فمنعناها لا يعطيناها الناس بعده، وإني والله لا أسألها رسول الله صلى الله عليه
وسلم
Terjemahan:
(BUKHARI - 4092) : Telah menceritakan kepadaku Ishaq Telah mengabarkan kepada
kami Bisyr bin Syu'aib bin Abu Hamzah dia berkata; Telah menceritakan kepadaku
Bapakku dari Az Zuhri dia berkata; Telah menceritakan kepadaku Abdullah bin
Ka'ab bin Malik Al Anshari, -Ka'ab adalah salah satu dari tiga orang yang di
beri ampunan.-bahwa Abdullah bin Abbas telah menceritakan kepadanya; Ali bin
Abu Thalib keluar dari menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat
beliau sakit yang menyebabkan kematian beliau, orang-orang bertanya;
"Wahai Abu Hasan, bagaimana keadaan Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam?"
Ia menjawab; "Alhamdulillah beliau sudah sembuh." Ibnu Abbas berkata; Abbas bin Abdul Muththalib memegang tangannya dan berkata; "Demi Allah, tidakkah kamu lihat tiga hari lagi? sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam akan wafat karena sakitnya ini. Sesungguhnya aku mengetahui wajah bani Abdul Muththalib ketika menghadapi kematiannya. Mari kita menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu kita tanyakan kepada siapa perkara (kepemimpinan) ini akan diserahkan? Jika kepada (orang) kita, maka kita mengetahuinya dan jika pada selain kita maka kita akan berbicara dengannya, sehingga ia bisa mewasiatkannya pada kita."
Lalu Ali radliallahu 'anhu berkata; "Demi Allah. Bila kita memintanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu beliau menolak, maka selamanya orang-orang tidak akan memberikannya kepada kita. Karena itu, demi Allah, aku tidak akan pernah menanyakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Ia menjawab; "Alhamdulillah beliau sudah sembuh." Ibnu Abbas berkata; Abbas bin Abdul Muththalib memegang tangannya dan berkata; "Demi Allah, tidakkah kamu lihat tiga hari lagi? sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam akan wafat karena sakitnya ini. Sesungguhnya aku mengetahui wajah bani Abdul Muththalib ketika menghadapi kematiannya. Mari kita menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, lalu kita tanyakan kepada siapa perkara (kepemimpinan) ini akan diserahkan? Jika kepada (orang) kita, maka kita mengetahuinya dan jika pada selain kita maka kita akan berbicara dengannya, sehingga ia bisa mewasiatkannya pada kita."
Lalu Ali radliallahu 'anhu berkata; "Demi Allah. Bila kita memintanya kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu beliau menolak, maka selamanya orang-orang tidak akan memberikannya kepada kita. Karena itu, demi Allah, aku tidak akan pernah menanyakan kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam.
Sumber : Bukhari
Kitab : Peperangan Bab : Sakit dan wafatnya Nabi Shallallahu 'alaihi wa Sallam No. Hadist : 4092 |
Jelas
dari teks di atas, al-Abbas menyuruh Ali r.a bertanyakan tentang urusan
kekhalifahan namun Ali r.a menolak permintaan tersebut
Ini
sekaligus membatalkan doktrin syiah yang mengatakan Ali r.a telahpun dilantik
di ghadir khum. Jika Ali r.a telah dilantik, kenapa dia tak mahu bertanyakan
nabi ataupun sekurang-kurangnya menjelaskan kepada al-Abbas??
Bahkan
Ali r.a sendiri khuatir jika dia tidak berikan jawatan itu
Bidasan
syiah 1: Peristiwa ini berlaku sebelum ghadir khum
Syiah
berhujah dialog ini berlaku sebelum ghadir khum. Ini tidak benar.
Diketahui
peristiwa ghadir khum berlaku pada bulan Zulhijjah. Bahkan dikatakan ia berlaku
pada 18 Zulhijjah pada tahun 10H. Sedangkan
Rasulullah sallahu a’alaihi wassalam pula wafat pada 12 Rabiul Awwal tahun ke
11H ( Raheeq al-Makhtum Li Mubarakfuri)
Dan
dalam teks di atas, al-Abbas menyatakan kesakitan baginda tersebut akan
menyebabkan kepada kewafatan nabi. Tidak
diketahui sebelum ghadir khum adanya peristiwa menyebabkan baginda sakit hingga
hampir wafatnya baginda
Maka
yang tepat ia berlaku beberapa hari sebelum kewafatan nabi
Bidasan
2: al-Abbas tidak tahu akan perlantikan Ali r.a
Ini
alasan yang sangat lemah. Syiah mendakwa 124 ribu sahabah di ghadir khum (angka
ini tidak sahih), jadi takkan al-Abbas tidak mengetahuinya?? Jikapun
al-Abbas tidak tahu, kenapa Ali r.a tidak menjelaskan kedudukan beliau sebagai
khalifah yang telah dilantik??
Ternyata
tidak berlaku apa-apa perlantikan khalifah oleh Rasulullah sallahu a’laihi
wassalam kepada Ali r.a
Kesimpulan
Ali
r.a sendiri tidak menganggap dirinya telah dilantik ketika di ghadir khum sekaligus membatalkan hujah syiah. Bahkan sahabah seperti al-Abbas sendiri tidak beranggapan demikian. Banyak lagi riwayat lain membuktikan perkara ini. Namun cukup sekadar riwayat ini dahulu.
waAllahu
a’lam
No comments:
Post a Comment